Minggu, 13 Desember 2009

Kebijaksanaan Agribisnis Terpadu


Kebijaksanaan pengembangan agribisnis mencakup beberapa bentuk kebijaksanaan. Pertama kebijaksanaan pengembangan produksi dan produktivitas di tingkat perusahaan. Kedua, kebjaksanaan tingkat sektoral untuk mengembangkan seluruh kegiatan usaha sejenis. Ketiga, kebijaksanaan pada tingkat sistem agribisnis yang mengatur keterkaitan antara beberapa sektor. Keempat, kebijaksanaan ekonomi makro yang mengatur seluruh kegiatan perekonomian yang berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap agribisnis
Pengembangan agribisnis terutama ditujukan agar agribisnis sebagai suatu sistem bisnis dapat dimanfaatkan secara optimal melalui peningkatan keunggulan komparatifnya dibandingkan dengan kegiatan lain. Penanganan agribisnis sebagai suatu sistem tersebut merupakan strategi dasar kebjaksanaan pengembangan yang diperlukan.
Kebijaksanaan pengembangan agribisnis secara strategis dititikberatkan pada kebijaksanaan sistem agribisnis yang mengatur keterpaduan anta sub-sistennya. Kebijaksanaan itu sendiri harus pula didukung oleh kebijaksanaan tingkat perusahaan yang sesuai, terutama untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan pengadaan tingkat sektoral yang tepat terutama untuk bidang penelitian dan pengadaan sarana serta kebijaksanaan ekonomi makro yang kondusif bagi kegiatan pertanian terutama dalam hal nilai tukar valuta yang realistis, tingkat inflasi yang rendah dan tingkat bunga yang wajar. Selanjutnya kebijaksanaan operasional yang terutama diarahkan untuk mengatasi masalah dan sekaligus mengembangkan potensi. Kebijaksanaan operasional tersebut adalah : (1) mengembangkan semacam forum komunikasi yang dapat mengkoordinasikan pelaku-pelaku kegiatan agribisnis dengan penentu kebijaksanaan yang dapat mempengaruhi sistem agribisnis secara keseluruhan, (2) Mengembangkan dan menguatkan asosiasi pengusaha yang terlibat dalam kegiatan agribisnis, (3) Mengembangkan kegiatan masing-masing sub-sisten agribisnis yang terutama ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan kemampuan manajemen melalui kegiatan penelitian dan pengembangan teknologi.

1 komentar: